Ilustrasi nonton bioskop/Pixabay
Ilustrasi nonton bioskop/Pixabay
KOMENTAR

DI BALIK kecemasan dan ketakutan yang ditimbulkan dari menonton film horor, psikolog meyakini bahwa kegiatan itu juga berdampak positif karena memberikan kepuasan tersendiri.

Namu satu hal yang perlu diingat, kita mesti bisa mengukur keberanian. Jika kita tergolong penakut, mudah baper, dan mudah merasa cemas, sebaiknya tidak perlu coba-coba menonton film horor.

Berikut ini dua manfaat menonton film horor, seperti dikutip dari studi yang dimuat jurnal Frontiers tahun 2019.

1. Memberikan perasaan senang dan kepuasaan

Ada alasan kenapa ada orang yang suka menonton film horor. Biasanya, pencinta film horor menyukai genre ini karena merasakan kepuasan tertentu setelah menontonnya.

Seseorang yang mencari sensasi atau menyukai sesuatu yang menegangkan akan mengalami lebih banyak emosi positif ketika mendapatkan rangsangan berupa tontonan yang seram.

Nah, perasaan menyenangkan inilah yang akhirnya menimbulkan rasa puas pada orang-orang yang menonton film horor.

Sebenarnya, ada banyak hal lain yang menjadi faktor kepuasaan seseorang terhadap film yang ditontonnya. Selain sensasi menegangkan, faktor lain seperti akhir cerita, alur cerita, visualisasi yang disajikan, bahkan audionya pun turut mendukung.

Jika semua faktor tersebut sesuai dengan ekspektasi penontonnya, tingkat kepuasan pun menjadi semakin tinggi. Uniknya, studi ini menunjukkan bahwa kebanyakan yang merasakan manfaat film horor ialah pria.

2. Memberi pelajaran dan membuat kita lebih waspada

Sudah disebutkan bahwa rasa takut tidak selalu berdampak buruk asalkan tidak berlebihan dan mengganggu aktivitas. Nah, menonton film horor ternyata menawarkan sisi baik dari rasa takut itu sendiri.

Penonton akan disajikan dengan pengalaman buruk atau menakutkan dari para tokoh yang terlibat. Hal ini memberikan pelajaran bagi penonton untuk lebih berhati-hati dalam bertindak.

Ambil saja contoh film horor Indonesia yang bertemakan balas dendam dengan akhir yang tidak bahagia. Selain itu, ada pula tema tindakan buruk seperti pembunuhan yang membuat pelakunya dihantui rasa takut yang bisa mengganggu kesehatan mental.

Wah, healing dengan film horor, berani?




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family